Andai Pot Bunga Besar Tidak Ada di Bahu jalan Pane yang Rusak

 INSPIRASI, News

Andai Pot Bunga Besar Tidak ada di Bahu Jalan Pane Yang Rusak

Huntetnews.today.com.Pematangsiantar

Tidak lama memang hujan di kota Pematangsiantar. Tapi banjir sudah mulai menggenang. Khususnya, ketika jurnalis ini melewati Jalan Pane persis nya di depan Kolding Family dan RM Pancit Pelangi, genangan air sudah mencapai sekitar 30 sentimeter. Selain itu pengendara yang lewat juga diharapkan berhati hati. Kalau tidak, lobang besar dan dalam yang menganga di pinggir jalan siap menerkam.

Tapi, syukurlah di tengah banjir yang kerap masuk rumahnya, Yunus (65), pemilik rumah sekaligus pengusaha es cendol itu proaktif meletakkan pot bunga yang besar di dekat mulut lobang.

“Saya harus tempatkan pot bunga besar itu di sisi lobang gorong gorong yang pecah itu. Kalau tidak pengendara yang lewat terlebih tidak biasa dari sini akan jatuh dan celaka. Dalamnya sekitar 3-4 meter Pak”, kata Acek tua itu sambil mengepel teras rumah nya yang kebanjiran, Senin petang (24/01/2022).

Menurut Yunus, rusak nya gorong gorong yang berada di Kelurahan Kebun Sayur, Kecamatan Siantar Timur Kota Pematangsiantar itu sudah berlangsung selama empat bulan. Pemerintah mulai dari lurah dan Camat sudah datang melihat. Tapi hingga kini lobang itu masih menunggu korban. “Padahal sudah ada beberapa korban. Tadi siang ada pengendara mobil Innova masuk lobang. Juga anak sekolah”, kata Yunus.

Sementara Amei (43), pengusaha Pancit Pelangi juga mengeluhkan kerapnya banjir di depan rumah nya setiap kali hujan lebat turun.

Kami sangat terganggu. Berharap pemerintah segera memperbaiki gorong gorong yang rusak agar pengendara tidak celaka, harapnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh E. Sitio. Pemilik Bimbel Mora College itu berharap pemerintah segera memperbaiki jalan yang rusak agar tidak sampai mencelakai pengendara yang lewat.

“Kami berharap Pak gorong-gorong yang rusak itu secepatnya diperbaiki sehingga jalan yang kerap dilewati truk truk besar itu tidak sampai putus”, katanya. Dia juga berharap agar gorong gorong diperbaiki secepatnya sehingga banjir yang kerap masuk ke dalam rumah dan menumpukkan sampah tidak lagi terjadi.

Pantauan jurnalis media ini di sekitar lokasi, para pengendara baik sepeda motor maupun roda empat harus sangat berhati hati. Memang bisa dipastikan pengendara yang lewat jalan Pane akan masuk ke lobang yang berukuran diameter sekitar 50 cm itu apabila pengendara tidak hati hati dan pot bunga besar milik Yunus tidak di sana.

Syukurlah pot bunga itu ada di sana, ungkap Martin, seorang pengendara yang kebetulan berhenti makan mie Pancit Pelangi. Ternyata Pot bunga itu berfungsi bukan hanya menyelamatkan tumbuhan yang ada di dalamnya, juga para pengendara yang melewati jalan Pane. (N. Manullang)

Author: 

No Responses

Leave a Reply