Jembatan Satu-satunya Menuju Huta 2 Raja Jombang Simalungun,Sangat Memprihatinkan

 Daerah, News

Jembatan Satu – Satunya Menuju Huta 2 Raja Hombang Simalungun, Sangat Memprihatinkan

Simalungun.Hunternews.today.com 9/4/2022.
Akses Jalan utama menuju Huta 2 Raja Hombang, Kecamatan Hutabayu Raja, Kabupaten Simalungun sangat memprihatikan. Dimana jembatan tersebut sudah puluhan tahun tidak ada tersentuh perbaikan dan kondisi jembatan sangat membahayakan.

Hasil pertemuan Daulat Mangunsong yang merupakan Gamot Huta 2 Raja Hombang dan para patuah Maujanah beserta masyarakat Jumat, (8/4/2022) sekitar pukul 11.00 wib di salah satu rumah masyarakat menyampaikan bahwa jembatan tersebut merupakan akses satu – satunya yang digunakan masyarakat setempat.

“Jembatan Huta 2 Raja Hombang merupakan akses jalan utama yang digunakan oleh masyarakat setempat dalam semua kegiatan. Dimana jembatan ini juga sudah ada sejak jaman penjajahan ataupun sudah berusia puluhan tahun,” ujarnya dalam pertemuan.

Gamot menjelaskan kalau jembatan ini sangat dibutuhkan masyarakat dalam perekonomian. Seperti untuk menjual hasil pertanian ke kota,masyarakat harus melalui jembatan tersebut.

“Tidak hanya menjual hasil pertanian,anak – anak kami juga kalau mau berangkat ke sekolah harus melintasi jembatan ini. Pokoknya semua aktivitas yang ada di Nagari Huta 2 Raja Hombang sangat mengandalkan jembatan tersebut,” tegasnya.

Usai melakukan pertemuan di salah satu rumah warga, selanjutnya Gamot Daulat Mangunsong beserta Patuah Maujanah dan masyarakat langsung berangkat melihat kondisi jembatan utama tersebut.

“Lihatlah lae, inilah kondisi jembatannya sekarang. Besi pegangan di sebelah kanan dan kiri jembatan ini sudah putus. Ayo turun ke bawah lae sudah nampak tiang penyangganya (bronjongan) dan kalau hujan lebat dan terjadi banjir kiriman meluaplah mengenai jembatan,” ujar Gamot di lokasi jembatan sembari menunjuk jembatan dan derasnya air sungai.

Gamot mewakili para masyarakat setempat berharap agar adanya perhatian dari Kepala Desa maupun Pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun agar segera melakukan perbaikan sebelum jembatan benar – benar ambruk dan memakan korban.

“Harapan kami semua ada perhatian dari Kepala Desa maupun pihak Pemerintah Kabupaten Simalungun yang bersangkutan untuk membantu memperbaiki jembatan akses utama ini dan kalau boleh di pasangi lampu penerangan supaya gak tampak seram kali malam hari lae karena melewati kuburan”, tutup Daulat Mangunsong gamot Huta 2 Raja Hombang.(HG)

Author: 

No Responses

Leave a Reply