Dukung Konsep KSPN Pantai Long Beach Danau Toba,Ajibata Bakal Deklarasi Bupati

 Daerah, WISATA

Dukung Konsep KSPN Pantai Long Beach Danau Toba, Ajibata Bakal Direklamasi Bupati

Toba,Hunternews.today.com 25/4/2022.
Bupati Toba Poltak Sitorus didampingi Sekda, Agus Sitorus dan Kadis PUPR B. Simangunsong, meninjau kawasan Paket C (Galian C) bersama Tokoh Masyarakat Toba Tuan Nanser Sirait (TUNAS) dikawasan Pantai Long Beach/Pasir Putih Ajibata, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, Sumut, Senin (25/4/2022).
Dalam kunjungannya,Bupati menyampaikan rencana Pemkab Toba dalam penataan kembali sekaligus membangun sejumlah obyek wisata di Pantai Pasir Putih (Long Beach) Ajibata, guna mendukung konsep pembangunan Kawasan Strategis Parawisata Nasional (KSPN) seperti yang dicanangkan Pemerintah Pusat.

Keindahan Danau Toba secara khusus di Ajibata, memiliki Pasir Putih yang panjang, hanya ada di Long Beach. Dan kawasan ini adalah bagian dari proyek Galian C.
Dalam waktu dekat akan kita reklamasi sebaik mungkin, sekaligus penataan yang lebih baik, karena beberapa Tahun sebelumnya, Program itu sempat tertunda.
Pada saat ini, kami akan mencoba kembali memperbaharui Program Pembangunan Pariwisata itu, tampa merugikan masyarakat.
Bahkan kita akan mengajak warga mewujudkan Pembangunan itu, Kata Bupati.

Bupati juga menyikapi kisaran luas lahan Galian C di Ajibata, dimana selama ini diperkirakan 20-30 Ha, dan banyak yang dikapling serta di Usahai Masyarakat dalam bentuk Ruko, rumah tinggal dan tempat bisnis lainnya.
Mulai dari hamparan Pekan Ajibata sampai ke Pantai Long Beach, dengan variasi lahan berbeda,menurut Bupati dalam waktu dekat akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat, terkusus kawasan Pantai Long Beach Ajibata, Ujarnya.

Terkait dengan langganan genangan air saat hujan di pintu masuk Dermaga Ajibata, Poltak mengatakan dalam waktu dekat akan diperbaiki melalui PUPR karena drainase juga sudah kita lihat,ada semacam timbunan pasir yang terbawa air, berkisar 40Cm, ini akan segera diperbaiki,ungkap Bupati.

Tokoh Masyarakat, Tuan Nanser Sirait (TUNAS) sangat mendukung dan menyambut baik ide dan Program Bupati Toba itu.
Kami akan membantu Bupati dalam sosialisasi terkait rencana pembangunan baru di lokasi Galian C, secara khusus di Pantai Longbeach Ajibata,kami juga berharap supaya Bupati juga menindaklanjuti terkait rencana prmbangunan kantong parkir dilahan yang sudah kami siapkan ujar Tunas.

Salah satu warga pengelola Pantai Long Beach Ringgas Pakpahan (60), mendukung rencana Bupati Toba atas rencana pembangunan Pantai Long Beach. Asalkan Bupati, tetap memperhatikan kami sebagai pengelola. Seandainya bangunan itu sudah selesai tentu Bupati harus memperhatikan kegiatan kami dan ada baiknya kami juga diberi hak mengelola.Karena kami menggantungkan nasib keluarga dari pengelolaan Pasir Putih ini,Ujar Ringgas di Pondok Rapi Long Beach Ajibata.(HG)

Author: 

No Responses

Leave a Reply