Berdalih Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan, Korwil Pendidikan Girsip PUNGLI Guru Honor dan ASN

 Hukum, News, PENDIDIKAN

Berdalih Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan, Koorwil Pendidikan Girsip PUNGLI Guru Honor dan ASN

Simalungun,Hunternews.today.com 18/5/2022.
Gawat,dugaan Pungli yang di lakukan oleh Koordinator Wilayah (Koorwil) dinas Pendidikan Kecamatan Girsang Sipangan Bolon kepada para guru tenaga honor dan Aparatur Sipil Negara (ASN), termasuk juga kepada guru sertifikasi sebesar Rp 5 ribu sampai Rp 40 ribu, setiap ada pertemuan.

Operandi ini berdalih untuk meningkatkan mutu pendidikan diwilayah kerja masing-masing di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Kutipan tersebut dilakukan saat Rapat Kerja Guru (RKG) di SD 091465 Parapat, kemarin.
Rapat dipimpin langsung oleh Koorwil Pendidikan Girsip Raulinna br Purba SPd.

Kepada awak media, salah seorang guru honor bernisial MLS mengaku kecewa dan mengeluh atas adanya kutipan uang untuk iyuran RKG tersebut.

” Ya kecewa bang, masa gaji kami hanya Rp 500 ribu/ bulan , itu pun dikutip juga,padahal kami pun terima gaji per Triwulan setelah dana Bos cair, ” ungkap guru dengan nada kecewa , Rabu (18/5/2022),

Kutipan uang Rp 5 ribu dilakukan pengurus KKG setiap ada pertemuan. Alasanya untuk biaya rapat seperti minum teh,makanan ringan dan makan.

” Kalau dibilang gaji Rp 500/ bulan memang terlalu minim untuk biaya sehari-hari.
Memang setiap pertemuan ada disediakan teh, Snack,bahkan makan.

Demikian juga yang di keluhkan seorang guru honor P3K bernisial MNG,dia mengaku uang kutipannya berpariasi.Kalau dia guru honor komite dikutip Rp 5 ribu, honor PTT dan binrang Timur Rp 20.000, honor P3K dan ASN Rp 50 ribu, lain lagi guru yang sudah sertifikasi, terang MNG.

Ketika awak media coba konfirmasi dengan Koorwil Pendidikan Kecamatan Girsang Roulianna Purba SPd dia membenarkan adanya kutipan terhadap guru honor dan guru ASN tersebut.

“Kutipan uang tersebut untuk meningkatkan mutu pendidikan, untuk guru ASN Rp 40 ribu, itu sudah hasil kesepakatan bersama,” ujar Roulianna berdalih.
Ketika ditanya jumlah guru ASN dan tenaga honor.
“Saya belum tahu jumlah guru nya, mungkin
40 guru dan 25 honor,” kata Roulianna kepada awak media.

Sementara, hasil investigasi awak media di 16 Sekolah Dasar di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon. Jumlah guru honor lebih banyak ketimbang guru ASN. Rata-rata setiap sekolah memiliki guru honor 3 sampai 6 orang.

Berdalih untuk peningkatan mutu pendidikan yang diharapkan Roulina Purba selaku Koorwil di Girsip,Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga diharapkan memperhatikan bentuk dugaan Pungli tersebut dan mengambil tindakan tegas, sekaligus memperhatikan nasib para guru honor yang ada di Kabupaten Simalungun.(HG)

Author: 

No Responses

Leave a Reply