Plt Walikota Pematangsiantar Ucapkan Selamat HUT ke-100 Perguruan Taman Siswa

 News, PENDIDIKAN

 

 

Plt Wali Kota Pematangsiantar Ucapkan Selamat HUT ke-100 Perguruan Tamansiswa

 

Hunternews.today.com

Plt Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA diwakili Plt Kepala Dinas Kominfo Kota Pematangsiantar Johannes Sihombing SSTP MSi menghadiri acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-100 Perguruan Tamansiswa. Acara berlangsung di Perguruan Tamansiswa Cabang Kota Pematangsiantar, Senin (4/7/2022) sekitar pukul 09.00 WIB.
Ketua Panitia Peringatan HUT ke-100 Perguruan Tamansiswa di Kota Pematangsiantar, Bagus Wardana Utama SSi dalam laporannya menyampaikan, Ki Hadjar Dewantara merupakan Menteri Pengajaran Republik Indonesia pertama dan oleh pemerintah diberi gelar Bapak Pendidikan Nasional. Dengan perjuangan yang gigih dan luar biasa, ia memperjuangkan kemerdekaan Indonesia melalui jalur pengajaran kepada anak-anak pribumi di tanah air di masa penjajahan kolonial Belanda. Ki Hadjar Dewantara mendirikan Perguruan Nasional Tamansiswa pada 3 Juli 1922.
Diterangkannya, selama masa pandemi Covid-19 lebih dari dua tahun terakhir, dengan tujuan menegakkan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19, Perguruan Tamansiswa Pematangsiantar hanya merayakan hari lahirnya dengan acara internal yang sangat sederhana.
“Alhamdulillah, tahun ini pemerintah telah melonggarkan protokol kesehatan sehingga kita dapat melaksanakan kegiatan yang sedikit lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya,” katanya.
Acara dirangkai penyantunan anak yatim. Dilanjutkan sambutan Ketua Perguruan Tamansiswa Pematangsiantar, sekaligus pemotongan tumpeng oleh Ki Sudaryanto SPd.
Plt Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Plt Kepala Dinas Kominfo Johannes SSTP mengucapkan selamat ulang tahun ke-100 kepada Perguruan Tamansiswa.
“Semoga memasuki usia yang ke satu abad ini, Perguruan Tamansiswa semakin konsisten turut memajukan pendidikan di Indonesia, khususnya di Kota Pematangsiantar,” katanya.
Pemerintah Kota Pematangsiantar, lanjutnya, mengajak seluruh kalangan masyarakat untuk senantiasa meneladani dan melestarikan ajaran pendiri Tamansiswa, Ki Hadjar Dewantara, yakni Ing Ngarso Sun Tulodho yang berarti di depan pimpinan harus memberi teladan. Kemudian, Ing Madyo Mangun Karso, yang bermakna di tengah memberi bimbingan. Serta, Tut Wuri Handayani, yang mengandung arti di belakang memberi dorongan. Jika disatukan, ajaran Ki Hadjar Dewantara tersebut menjadi: Ing Ngarso Sun Tulodho Ing Madyo Mangun Karso Tut Wuri Handayani.
“Ketiganya selayaknya kita terapkan dan lestarikan hingga generasi berikutnya,” ajaknya.
Diharapkan, dengan peringatan 100 tahun Perguruan Tamansiswa membangkitkan kembali sejarah pendiri bangsa, khususnya dunia pendidikan, yakni Ki Hadjar Dewantara.
“Mari kita teruskan cita-cita Ki Hadjar Dewantara, yang tanggal lahirnya yakni 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional,” sebutnya.
Dalam kesempatan tersebut, diucapkan juga selamat atas peresmian Unit Produksi “Bengkel Tamansiswa” yang merupakan bagian dari program SMK pusat keunggulan yang dilaksanakan SMKS-2 Tamansiswa Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2021/2022.
“Dalam kesempatan ini juga, kami menyampaikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Perguruan Tamansiswa, termasuk kepada para pengajar yang selama ini mengabdi di perguruan tersebut. Sehingga Perguruan Tamansiswa mampu bertahan hingga 100 tahun. Dan semoga akan terus bertahan hingga 100 tahun mendatang, dan 100 tahun selanjutnya. Terima kasih juga karena selama ini Perguruan Tamansiswa Kota Pematangsiantar telah turut mengharumkan nama Kota Pematangsiantar melalui prestasi siswa-siswanya,” tukasnya.
Diyakini, usia 100 tahun tentunya sudah membuat Perguruan Tamansiswa telah memiliki banyak pengalaman dalam bidang pendidikan. Kami dari Pemerintah Kota Pematangsiantar berharap Perguruan Tamansiswa menjadi salah satu pusat pengembangan sumber daya manusia unggul di Kota Pematangsiantar. Sehingga akan mempercepat terwujudnya Pematangsiantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas demi Pematangsiantar Bangkit dan Maju.
Tampak hadir, Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara diwakili Drs R Zuhri Bintang, Danrem 022 Pantai Timur/diwakili Timbul MP, Kapolsek Siantar Barat, Pembimbing Daerah Tamansiswa Subari Ki Iman Suzaini, serta Penghubung Daerah Wanita Tamansiswa SUBARIA Nyi Asrita Haizan Masdalifah SH SPd MSi, dan undangan lainnya. (*)

 

Author: 

No Responses

Leave a Reply