Karutan Kabanjahe, Berkomitmen Terus Dukung Program Kemandirian WBP Rutan Kabanjahe Kemenkumham Sumut

 News, PERTANIAN

Hunternews.today.com
Tanah Karo, Manfaatkan pengelolaan lahan yang lebih produktif, Warga Binaan Rutan Kabanjahe melakukan penanaman sayur kembali dengan jenis bibit sayuran yang baru, yaitu sayur putih. Penanaman dilakukan pada area “SAE” yang beberapa saat lalu telah ditanami kentang, Jumat (29/07/2022).

Setiap Warga Binaan yang Rutan Kabanjahe diwajibkan untuk mengikuti program pembinaan kemandirian dan dituntut untuk selalu aktif mengikuti berbagai macam kegiatan pengembangan diri untuk menambah kemampuan dan bekal yang mereka miliki. Dengan melihat ketersediaan sarana pembelajaran yang ada, Warga Binaan di arahkan berdasarkan kemampuan yang mereka miliki.

Berkebun di “SAE” menjadi program unggulan yang sangat menonjol di Rutan Kabanjahe dan menjadi wadah bagi Warga Binaan untuk belajar tentang tata cara pengolahan lahan, pembibitan hingga penanaman sayur. Setelah sebelumnya hasil tanaman “SAE” yang dihasilkan Rutan Kabanjahe mampu menembus pasar tradisional Tanah Karo, Kali ini Warga Binaan kembali menanam sayur putih untuk menambah variasi produktivitas sayur yang dihasilkan.

Kepala Rutan Kabanjahe, Sangapta Surbakti menyampaikan bahwa ada hasil dan kemajuan yang baik terhadap program pembinaan yang telah berjalan. “Kita dapat melihat sendiri, hasil produktivitas kita mampu dijual ke pasar dan disambut baik oleh pembeli, serta dapat menghasilkan PNBP. Hal itu menandakan bahwa ada harapan yang baik untuk kita terus meningkatkan produktivitas dengan jenis sayur yang berbeda-beda,” ucapnya.

Karutan berkomitmen akan terus memanfaatkan lahan yang ada untuk mendukung suksesnya program pembinaan kemandirian bagi Warga Binaan dalam hal berkebun. “Lahan yang sebelumnya tidak produktif dan dikuasai masyarakat, telah kami jadikan “Sarana Asimilasi dan Edukasi” tempat menanam sayur-sayuran yang tentunya dapat menghasilkan.

Brahmana Casper

Sumber : Rutan Kabanjahe

Author: 

No Responses

Leave a Reply