Pengukuhan Lembaga Pemangku Adat Budaya Simalungun Berjalan Dengan Lancar

 Daerah, News

Pengukuhan Lembaga Pemangku Adat Budaya Simalungun Berjalan Dengan Lancar.

Hunternews.today.com-Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga menghadiri penutupan Harungguan Bolon Lembaga Pemangku Adat (LPA) Simalungun di Convention Hall Siantar Hotel, Kota Pematangsiantar, Sabtu 13 Agustus 2022.

Ketua Panitia Pelaksana, Hermanto Sipayung SH, mengucapkan terima kasih kepada para peserta dan tamu undangan yang telah antusias menghadiri acara tersebut dan dapat berjalan lancar.

“Terima kasih kepada Hasusuran Harajaon (keturunan kerajaan) Simalungun yang memberi maklumat. Dan harapan saya tetap terjaga dengan baik untuk mensukseskan program-program LPA Simalungun ke depan,” ujarnya.

Bupati Radiapoh Hasiholan Sinaga mengatakan, akan mendukung Lembaga Pemangku Adat dan Budaya Simalungun dan diharapkan menjadi suatu lembaga yang disegani.

Sementara itu, Ketua Umum LPA Simalungun terpilih, Jan Toguh Damanik didampingi Sekjend, Aher Afrullah Sinaga mengatakan, latar belakang dibentuknya LPA karena telah terjadi degradasi penurunan aktifitas adat budaya Simalungun.

“Pergeseran adat budaya Simalungun itu sudah lama terjadi. Sikap Simalungun kadang-kadang kurang mau menegakkan jati dirinya, menunjukkan jati dirinya, aktualisasinya sebagai orang Simalungun,” ujarnya.

Untuk penyelematan dan penegakan jati diri adat budaya Simalungun maka dibentuk lembaga pemangku adat yang baru. Namun, katanya, tetap menghormati eksistensi organisasi adat yang lainnya,dan mari kita berbarengan saling membantu dalam menegakkan jati diri adat budaya Simalungun,” ajaknya.

Turut hadir mengikuti acara itu di antaranya,Kesbangpol Arifin Nenggolan,mantan Wakil Bupati Simalungun Amran Sinaga, Irjen Pol (Purn) Wagner Damanik, Ketua DPP Himapsi Lamhot Saragih, mantan Ketua Presidium PMS Palentyno Girsang, mantan Ketua DPRD Simalungun Syahmidun Saragih.(tim)

Author: 

No Responses

Leave a Reply