SPUBN PTPN IV Kerahkan Seluruh Karyawan Guna Menjaga Aset Negara Yang Akan Diduduki Masyarakat

 News, PERKEBUNAN

SPUBN PTPN IV Kerahkan Seluruh Karyawan Guna Menjaga Aset Negara Yang Akan Diduduki Masyarakat

Simalungun,Hunter News Today.com 16/8/2022.
Ratusan Karyawan PTPN IV yang tergabung dalam SPBUN PTPN IV turun langsung ke lapangan untuk menghalau masyarakat yang ingin menduduki Hak Guna Usaha (HGU) milik Distrik I PTPN IV Bah Jambi ( Selasa , 16/08/22).

Permasalahan ini sebelumnya sudah terjadi beberapa waktu yang lalu. Dimana salah satu kebun milik PTPN IV Unit Bah Jambi telah diduduki oleh masyarakat setempat.

Tak mau kejadian serupa terulang , Pihak Management PTPN IV beserta SPBUN ( Serikat Pekerja Perkebunan Nusantara) turun langsung ke lapangan untuk menghalau laju masyarakat yang akan menduduki HGU PTPN IV Kebun Bah Jambi di Afd II.

Hasil wawancara awak media kepada Ketua SPBUN Muhammad Iskandar yang didampingi oleh Sekjen SPBUN Deni dan APK Kebun Bah Jambi Mawan Kurniawan.
Muhammad Iskandar mengatakan permasalahannya adalah, masyarakat mencoba melakukan aksi menduduki lahan HGU milik PTPN IV.

” Sebenarnya kemarin sudah mulai ada aksi dari masyarakat ( senin , 15/08/22 ).
Namun kami mencoba untuk berdialog kepada masyarakat melalui Camat Jawa Maraja dan juga telah disetujui oleh Pihak Polres Simalungun.

Namun alhasil , masyarakat tampaknya tidak memperdulikan hasil keputusan semalam, dan berujung pada aksi anarkis , tepatnya tadi pagi kata Muhammad Iskandar.

Selanjutnya berapa karyawan kami terluka parah dan langsung kami amankan guna mendapat perawatan dari tim medis. Akibat hal ini , kami tentunya akan melakukan proses hukum yang berlaku.

Kami sudah melaporkan aksi aksi sebelumnya kepada pihak kepolisian , dimana salah satunya HGU kami sekitar 125 Hektar telah diduduki dan dikuasai oleh masyarakat tanpa menunjukan hak alas yang berlaku.

Kami berharap , pihak Aparat Penegak Hukum ( APH ) dapat memproses laporan yang telah kami adukan selama ini karena kami tahu Negara Indonesia ini adalah Negara Hukum dan terlebih hari ini telah memakan korban 3 orang karyawan kami” tutup Muhammad Iskandar selaku Ketua Serikat Pekerja Perkebunan Nusantara ( SPBUN ).

Dari hasil pantauan awak media , tampak ratusan pekerja yang masih berjaga disekitar HGU PTPN IV untuk mengatasi kejadian lanjutan.

Sementara itu , pemerhati Perkebunan PTPN IV Ismail Chaniago yang juga sebagai Ketua Ikatan Penulis Dan Jurnalis Indonesia (IPJI) Siantar Simalungun mengatakan agar APH dalam hal ini Polres Simalungun agar bertindak tegas.

” Kami minta kepada Pihak Aparat Penegak Hukum yang dalam hal ini Kepolisian Polres Simalungun untuk bertindak tegas terhadap laporan yang masuk terkait masyarakat yang mencoba menduduki HGU PTPN IV.
Perlu diketahui bahwasanya Perkebunan PTPN IV ini merupakan salah satu penyumbang devisa terbesar untuk negara.

Maka dari itu , kami meminta Polres Simalungun untuk langsung mengamankan para masyarakat yang bertindak anarkis dan brutal yang mana telah mengakibatkan korban dari pihak karyawan PTPN IV, yang mencoba mempertahankan lahan PTP4 ” ujar Ismail Chaniago di Warkop Jalan Cipto Pematangsiantar.(Heri Guci)

Author: 

No Responses

Leave a Reply