Penanaman Bibit Kelapa Sawit Langsung di Lakukan di Areal HGU Afdeling II Kebun Bah Jambi

 News, PERKEBUNAN

Penanaman Bibit Kelapa Sawit Langsung Dilakukan Di Areal HGU afdeling II Kebun Bah Jambi

Simalungun Hunter News Today.com 15/10/2022 .
Proses pembersihan yang dilakukan oleh SPBUN PTPN IV di lokasi lahan HGU milik Kebun Bah Jambi kini mulai dilakukan penanaman kelapa sawit , Rabu (12/10/2022).

Pantauan awak media , terlihat ratusan bibit kelapa sawit diangkut oleh karyawan menggunakan mobil pick up dan bak. Terlihat bibit kelapa sawit tersebut berukuran 1 sampai 1,5 tahun.

Tak hanya itu saja , SPBUN PTPN IV juga terlihat sedang membersihkan areal HGU yang masih luas digarap oleh masyarakat yang mengatas namakan 147 KK.

Statment Ketua SPBUN M Iskandar tampaknya bukan bualan semata. Kini tampak para penggarap dilarang keras untuk mencoba menduduki lahan HGU milik Kebun Bah Jambi yang sudah ingkrah.

Indra kusuma selaku Ketua basis SPBUN unit Bah Jambi ketika di konfirmasi di lapangan mengatakan
“benar , kami selaku karyawan harus sigap dan saling membantu dalam penanaman ulang tanaman sawit yang telah rusak pasca pembersihan lahan HGU.

Kami juga berkewajiban mempertahankan dan menjaga asset kami, sebagaimana yang telah diamanatkan dalam (PKB) SPBUN dan PTPN 4 yang tertuang dalam Pasal 68 ayat 1 yang berbunyi

“Setiap Karyawan berkewajiban memelihara, menjaga,melindungi serta mempertahankan aset perusahaaan dari tindakan perusakan dan pengambilan aset secara melawan hukum, yang dilakukan oleh pihak pihak luar” , ungkapnya.

Disisi lain Manager Kebun Bah Jambi Tri Mangkurat mengatakan bahwa penanaman langsung bibit kelapa sawit ini sebagai salah satu kewajiban kami di dalam mengelola aset perusahaan yg sudah diamanahkan Negara kepada PTPN 4

“Kami langsung melakukan penanaman begitu selesai di satu tempat setelah dilakukan pembersihan. Sudah banyak kerugian yang kami terima selama ini akibat para penggarap yang menduduki lahan HGU.

Banyak karyawan dan para pekerja yang kehilangan mata pencaharian mereka akibat tindakan tak terpuji yang dilakukan oleh masyarakat 147 KK tersebut , ujar Tri Mangkurat selaku Manager Kebun Bah Jambi kepada kru media ini.

Perlu diketahui bersama bahwasanya PTPN IV merupakan salah satu penyumbang devisa negara terutama di Provinsi Sumatera Utara.(Heri Guci)

Author: 

No Responses

Leave a Reply