dr Susanti Puji Program Wirausaha Bank Indonesia Sebagai Langkah Tepat Bagi Pelaku UMKM

 EKONOMI, News

dr Susanti Puji Program Wirausaha Bank Indonesia sebagai Langkah Tepat bagi Pelaku UMKM

Hunternews.today.com

Program Wirausaha Bank Indonesia (WUBI) dinilai sebagai langkah tepat untuk membantu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam menghadapi tantangan berat, terlebih akibat pandemi Covid-19. Diharapkan, setelah mengikuti Program WUBI, para pelaku UMKM dapat menjadi wirausaha yang lebih baik.

Pujian dan harapan tersebut disampaikan Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA dalam bimbingan dan arahannya saat menghadiri Wisuda WUBI Pematang Siantar-Batch II, dengan tema Digitalisasi dan Kolaborasi untuk Membangun Pemulihan Ekonomi di Tahun 2022. Acara wisuda berlangsung di Ruang Serba Guna Lantai V Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Pematang Siantar, Jalan H Adam Malik, Jumat (2/12/2022) mulai sekitar pukul 09.00 WIB.

“Saya mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi kepada Kantor
Perwakilan Bank Indonesia Pematang Siantar, terkhusus kepada Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Pematang Siantar, Bapak Teuku Munandar, yang telah mengambil langkah tepat dengan menyelenggarakan program WUBI di tengah tantangan berat yang sedang dihadapi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM), terlebih akibat pandemi Covid-19,” kata dr Susanti di awal sambutannya.

Diharapkan, dengan diwisudanya 26 peserta program WUBI Tahun 2022 Batch II setelah menjalani program pengembangan kompetensi
sejak Maret 2022 lalu, dapat bermetamorfosa menjadi wirausaha yang berkompeten dan profesional, serta mampu menjadi role model
bagi pelaku UMKM lainnya, terutama di
wilayah kerja KPw BI Pematang Siantar, yang meliputi Pematang Siantar, Simalungun, Batubara, Asahan, Tanjungbalai, Labuhanbatu utara,
Labuhanbatu, dan Labuhanbatu Selatan, atau yang dikenal dengan sebutan SISI BATAS Labuhan.

Harapan lainnya, para lulusan program WUBI dapat terus berkreasi dan berinovasi di tengah tantangan dunia usaha yang semakin kompetitif dan terdigitalisasi.

Menurut dr Susanti, Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar sendiri senantiasa peduli dalam pemberdayaan dan pemberian kesempatan kepada para pelaku UMKM. Minggu lalu, tepatnya 24-26 November 2022, Pemko Pematang Siantar melalui Dinas Koperasi, UMKM, dan Perdagangan bekerja sama dengan Dekranasda Kota Pematang Siantar telah menggelar kegiatan Gebyar UMKM
Pematang Siantar Tahun 2022 di
Lapangan Haji Adam Malik. Gebyar UMKM tersebut merupakan kegiatan promosi, pemasaran, dan peningkatan penggunaan produk dalam negeri Kota Pematang Siantar.

Sebelumnya, Selasa 15 November 2022 lalu, dr Susanti telah menerima Lencana Siddhakarya atas kepedulian membina dan mendorong kemajuan produktivitas perusahaan dan UMKM. Lencana tersebut diberikan langsung oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi. Saat itu juga, ada dua UMKM dari Kota Pematang Siantar yang menerima Penghargaan Siddhakarya, yaitu PT Pabrik Es Siantar yang memproduksi minuman Cap Badak, serta UD Artha yang memproduksi ulos.

“Kedua UMKM tersebut selanjutnya mewakili Provinsi Sumatera Utara sebagai nominator untuk mendapatkan penghargaan Anugerah Paramakarya yang akan diberikan oleh Presiden Republik Indonesia,” terangnya.

dr Susanti mengucapkan selamat kepada wisudawan-wisudawati
program WUBI Tahun 2022 Batch II.

“Semoga saudara-saudari semua semakin bersemangat menjalankan usaha setelah mendapatkan berbagai ilmu melalui program ini. UMKM
yang maju dan berkembang tentunya akan turut mempercepat terwujudnya Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala KPw BI Pematang Siantar Teuku Munandar mengatakan, pihaknya sengaja mengundang wali kota dan instansi, dan berbagai piha sebagai bukti dr Susanti tidak sendiri dalam berjuang memajukan ekonomi Pematang Siantar.

“Di sini ada lembaga dari Kementerian Keuangan, PT Pos, PT PLN, dan perbankan. Kami siap mendukung ibu untuk membuat Pematang Siantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas,” sebut Munandar.

Kata Munandar, kegiatan pembinaan UMKM melalui Program WUBI bertujuan mengubah mindset para pengusaha.

BI, katanya, tidak ada memberikan bantuan materi berupa uang maupun alat produksi. Sebab program tersebut lebih ditekankan kepada perubahan pemikiran para pelaku UMKM.

“Bagaimana mindset kawan-kawan bisa lebih bagus dari yang sebelumnya. Dari yang awalnya tipe Fix Mindset menjadi Grow Mindset yang cenderung positif dan siap menerima masukan, kritik, dan berkembang,” paparnya.

Acara diawali pemutaran video WUBI,
laporan Tim Coach Program WUBI oleh Marioto, testimoni dari perwakilan peserta WUBI Batch I Roy.

Kemudian dilanjutkan dengan prosesi wisuda peserta Program WUBI Bath II yakni 26 pelaku UMKM binaan KPw BI Pematang Siantar, yang 10 di antaranya dari Kota Pematang Siantar. Prosesi wisuda dilakukan oleh Teuku Munandar dan dr Susanti.

Kemudian penyerahan cenderamata produk UMKM binaan KPw BI Pematang
Siantar oleh Teuku Munandar kepada dr Susanti.

Turut hadir, Deputi Kepala KPw BI Pematang Abdul Haris, para coach Program WUBI, pimpinan perbankan se-Kota Pematang Siantar, dan para
pimpinan BUMN. (*)

Author: 

No Responses

Leave a Reply