Calon Pangulu Nagori Simbolon Tengkoh Simalungun, No Urut 4 Terlapor Dugaan Korupsi

 Hukum, News

 

Calon Pangulu Nagori Simbolon Tengkoh Simalungun, Nomor Urut 4 Terlapor Dugaan Korupsi

Simalungun Hunter News Today.com 11/2/2023.
Cardo Efendi Saragih SH meski sudah tersandung dugaan kasus korupsi, tetapi Calon Pangulu petahana Nagori Simbolon Tengkoh Kecamatan Panombeian Panei Kabupaten Simalungun (Sumut) Cardo Efendi Saragih tetap maju untuk bertarung pada Pemilihan Pangulu Tanggal 15 Maret 2023.

Menurut informasi yang beredar bahwa Cardo Efendy Saragih SH tetap mendaftar sebagai calon Pangulu setelah mendapat rekomendasi dari Kepala Inspektorat Kabupaten Simalungun Roganda Sihombing.

Pada hal calon petahana ini sedang terlapor terkait kasus dugaan korupsi yang dilaporkan oleh LBH Gerak – Indonesia dengan nomor surat GERAK/0025/DPD/LBH GERAK – INDONESI/LP/VIII/2022 ke Polres Simalungun.

LBH GERAK menuturkan kalau dirinya melaporkan Cardo Efendi Saragih karena ada temuan dugaan korupsi pengadaan alat pakan ternak yang sumber dana dari Dana Desa tahun 2019.
Sebelumnya Cardo Saragih pernah diperiksa Inspektorat Pemkab Simalungun dan menetapkan untuk melakukan pengembalian uang Negara sebesar Rp 19 juta dari kegiatan tersebut.

Dijelaskanya bahwa berdasarkan pemeriksaan Inspektorat inilah LBH-GERAK melaporkan mantan Pangulu Cardo Efendy Saragih karena hingga kini pengembalian uang Negara itu belum dilakukan.

Cardo tidak dapat memberikan bukti kalau dana tersebut telah dikembalikan ke Negara, jelas Wesli Saragih perwakilan dari LBH-Gerak

“Rekomendasi yang dikeluarkan Ka Inspektorat Roganda Sihombing ini patut dipertanyakan mengingat calon Pangulu petahana ini sedang tahap penyidikan terkait kasus dugaan korupsi Dana Desa tahun 2019. Saya menduga ada “main mata” antara Roganda Sihombing dengan Cardo Efendy Saragih perihal pengeluaran surat rekomendasi ini” cetus Wesly.

Terpisah Cardo Efendi Saragih, saat dikonfirmasi awak media melalui Pesan Whatsaap Rabu, (8/02/2023) terkait adanya dugaan korupsi pengadaan alat pakan ternak yang telah dilaporkan LBH-GERAK memilih Bungkam tidak menjawab konfirmasi tim awak media secara rinci.(Heri Guci)

Author: 

No Responses

Leave a Reply