Hadiri DPP Harungguan Purba, dr Susanti diulosi Ulos Pamoting

 News

Hadiri Patampei Sihilap DPP Harungguan Purba, dr Susanti Dipakaikan Hiou Pamotting

Hunternews today com.
Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA dipakaikan Hiou Pamotting saat menghadiri acara Pelantikan/Patampei Sihilap Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Harungguan Purba Simalungun-Indonesia, di Lapangan Parkir Pariwisata, Jalan Merdeka Pematang Siantar, Sabtu (11/03/2023) siang.

Selain dr Susanti, pemakaian Hiou Pamotting yang dilakukan Ketua Umum DPP Harungguan Purba Simalungun-Indonesia Mangapul Purba, juga dilakukan kepada Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, anggota DPR RI Junimart Girsang, dan tokoh masyarakat Sumatera Utara (Sumut) Parlindungan Purba.

“Sejumlah tokoh suku Simalungun telah hadir di Kota Pematang Siantar. Ini luar biasa,” sebut dr Susanti.

Mantan Direktur RSUD dr Djasamen Saragih Pematang Siantar itu menyampaikan, Kabupaten Simalungun dan Kota Pematang Siantar diibaratkan saudara kembar. Secara geografis, Kota Pematang Siantar berada di tengah-tengah Kabupaten Simalungun.

“Sehingga setiap ada persoalan yang menyangkut Kota Pematang Siantar dan Kabupaten Simalungun, dapat diselesaikan dengan mengopi di rumah dinas Bupati Simalungun,” ungkap dr Susanti.

dr Susanti mengapresiasi bersatunya 14 Sub Marga Purba sehingga terbentuknya DPP Harungguan Purba Simalungun-Indonesia.

“Dengan telah dilantik atau dikukuhkannya Dewan Pimpinan Pusat Harungguan Purba Simalungun-Indonesia, maka persaudaraan itu semakin kokoh dan bersama membangun Indonesia pada umumnya dan Kota Pematang Siantar serta Kabupaten Simalungun pada khususnya,” tutur dokter spesialis anak tersebut.

dr Susanti optimis, dikukuhkannya Mangapul Purba sebagai Ketua Umum DPP Harungguan Purba Simalungun-Indonesia merupakan pilihan yang tepat.

“Bahwa tanggung jawab itu tidak diserahkan pada orang yang salah. Tepuk tangan buat bapak Ketua Mangapul Purba,” kata dr Susanti yang merupakan alumni Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, dr Susanti mengatakan Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar akan bersinergi dan berkolaborasi dengan DPP Harungguan Purba Simalungun-Indonesia.

“Selamat kepada pengurus yang baru dilantik. Tadi saya lihat ada dua orang ASN dari Pemko Pematang Siantar yang ikut dilantik, mohon diberi bimbingan dan arahannya,” pungkas dr Susanti.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Dewan Harungguan Purba Simalungun-Indonesia, Mangapul Purba dalam sambutannya menyampaikan, organisasi ini terbentuk atas sebuah kerinduan untuk berkumpul dengan semangat kebersamaan.

“Sebanyak 14 puak marga Purba sepakat untuk membentuk suatu wadah pemersatu. Dengan pemikiran untuk kepentingan sosial dan budaya, dan berbagai sisi budaya yang harus mendukung dalam bersaudara,” sebut Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumut itu.

Mangapul menargetkan, sebagai organisasi yang besar, secara komperhensif Harungguan Purba bisa memikirkan kepentingan marga Purba secara keseluruhan di Indonesia.

“Sehingga kita bisa bermitra dengan pemerintah, bagaimana kita menghadapi persoalan ke depannya. Baik itu sosial kemasyarakatan, pemerintahan, dan bentuk-bentuk lainnya untuk kepentingan bangsa dan negara,” sebut Mangapul sembari menyampaikan dalam waktu dekat sejumlah daerah akan menyusul untuk melakukan pelantikan.

Turut hadir, sejumlah tokoh Simalungun, pengurus Ihutan Bolon Damanik, serta pengurus Pujakesuma Kota Pematang Siantar. (Daniel Purba TBK. SP. )

Author: 

No Responses

Leave a Reply