Gawat Serangan Hama Ulat Kantung Marak Terjadi di PTPN IV Uni Unit Sosa Produksi Anjlok

 News, PERKEBUNAN

GawattSerangan Hama Ulat Kantung Marak Terjadi di PTPN IV Kebun Unit Sosa,Produksi Terancam Anjlok.

Hunternews Today com
PadangLawas-SUMUT

PTPN IV Kebun Unit Usaha Sosa yang berada di Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas Provinsi Sumut merupakan salah satu anak perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Holding Perkebunan yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit.

Saat ini PTPN IV Kebun Unit Sosa marak terserang hama ulat kantung yang cukup parah, jenis ulat ini merupakan salah satu predator yang menakutkan bagi tanaman kelapa sawit,marak nya hama ulat tentu sangat menggangu pertumbuhan dan menurunkan hasil produktifitas.

Umum nya dampak dari serangan hama ulat kantung menyebabkan daun rusak,mengering seperti terbakar,kerusakan daun dimulai dari lapisan epidermis sehingga mengganggu proses fotosintesis dan menghambat pertumbuhan bunga jantan dan bunga betina.

Berdasarkan Hasil investigasi tim awak media yang terjun ke lokasi PTPN IV Kebun Sosa,Selasa,29/05/2023,menemukan puluhan hingga ratusan Ha areal tanaman kelapa sawit di blok tt 2010 afdeling VII terserang hama ulat kantung.

Seorang pemerhati Perkebunan Tripansyah Irwan yang ikut terjun kelokasi dan mengamati areal yang terserang hama ulat menyebutkan,diduga diawal telah terjadi kelalain identifikasi dini dan telling global sehinga serangan semakin tidak terkendali,terang nya.

Hingga saat ini upaya-upaya penanggulangan yang dilakukan oleh manajemen kebun unit Sosa tidak maksimal,terlihat serangan berpotensi akan semakin meluas,sehingga jika penanggulangan nya tidak maksimal dikuatirkan akan menganggu pertubuhan tanaman kelapa sawit tersebut.

Mengenai pemberantasan dan penanggulangan hama ulat kantung yang saat ini dilakukan Kebun Unit Sosa terkesan mengabaikan Standar Operasional Prosedur (SOP),padahal tanaman kelapa Sawit merupakan aset utama PTPN IV yang harus dirawat dan dijaga agar hasil produksi yang ditargetkan di RKAP/RKO oleh PTPN IV bisa tercapai.

Akibat marak dan masif nya serangan hama ulat diareal afdeling VII Kebun Sosa dikuatirkan kedepan akan sangat merugikan keuangan perusahaan akibat menurun nya hasil produksi,oleh karna itu kita mendesak agar Direktur PTPN IV dan SEVP Ops1 segera mengevaluasi pejabat setingkat Karpim dan segera menempatkan pejabat yang bisa mengatasi dan memberantas tuntas serangan hama ulat kantung di PTPN IV Kebun Unit Sosa.

Demi keseimbangan berita awak media coba melakukan komfirmasi dengan Sutres Manajer Unit Kebun Sosa dan Askep Sosa Kataren hari sabtu tgl,03/06/2023 sekira pukul 17:35 WIB,melalui pesan Aplikasi WhatsApp terkait marak nya serangan hama ulat kantung di areal afdeling VII Kebun Unit Usaha Sosa,namun enggan memberikan jawaban.

Hingga berita ini dikirim kemeja Redaksi serangan hama ulat kantung di areal afd V Kebun Unit Sosa terpantau semakin parah dan sangat mengkuawatirkan.Red. (*)

Author: 

No Responses

Leave a Reply