Gawat Hasil Panen Brondolan Hingga Membusuk Kerap Terjadi di PTPN III Kebun Silayw Dunia LSM PPLH Desak Dirut Holding Perkebunan Evalyasj Ownabat Terkait

 News

Gawatt!!Hasil Panen Brondolan Hingga Membusuk Kerap Terjadi Di PTPN III Kebun Silau Dunia,LSM-PPLH Desak Dirut Holding Perkebunan Evaluasi Pejabat Terkait.

Haunternews Today com
Serdang Bedagai-Sumut

PTP Nusantara III Kebun Silau Dunia yang berlokasi di desa Pertambatan,Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara merupakan salah satu perusahaan milik Badan Usaha Milik Negara(BUMN) dibawah naungan holding perkebunan.

Adapun saat ini PTPN III Kebun Silau Dunia mengelolah dua komoditi tanaman yakni tanaman kelapa sawit dan tanaman karet.

Namun dalam pelaksanaan pekerjaan manajemen PTPN III Kebun Silau Dunia diduga kerap melakukan penelantaran dan pembiaran hasil panen biji sawit (brondolan)hingga membusuk di areal produksi dan disekitar kantor afdeling 3.

Berdasarkan hasil investigasi awak media bersama dengan Ketua LSM PPLH Bengget ST,Senin,(27/06/2023)menemukan hasil panen brondolan yang terbuang,berceceran hingga membusuk di areal produksi dan disamping gudang perkantoran afdeling 3 Kebun Silau Dunia.

Selanjutnya Benget ST menjelaskan,temuan ini membuktikan bobroknya kinerja pihak menejemen Kebun Silau Dunia yang saat ini komandoi oleh Manajer Kebun Unit Kasiaman Saragih ucap nya.

informasi juga didapat oleh kru media,bahwa kejadian penelantaran seperti ini kerap terjadi di hampir seluruh afdeling,bahkan pimpinan di PTPN III Kebun Silau Dunia terkesan cuek tidak peduli dengan kejadian seperti ini yang jelas-jelas sangat merugikan keuangan negara.ungkap nya.

Sesuai (SOP)Seharusnya Hasil panen brondolan kelapa sawit yang merupakan aset utama produksi secepat nya dikutip dan dikirim ke Pabrik Kelapa Sawit (PKS) untuk dilakukan pengolahan sehingga tidak menciptakan losses,bukan justru dibiarkan membusuk di areal produksi maupun dalam gudang afdeling 3.pungkas nya.

Pantaun awak media terlihat juga di areal produksi,tampak tumbuh tukolan biji sawit yang selama ini tidak dikutip.Diduga pembiaran dan penelantaran hasil panen,khusus nya brondolan sudah berlangsung cukup lama, namun semakin parah dibeberapa bulan terakhir ini.

Kebobrokan kinerja yang dipertontonkan oleh pihak manajemen PTPN III Kebun Silau Dunia disinyalir akibat ketidak pedulian para pejabat,mulai dari manajer, Askep,hingga asisten afdeling terhadap aset perusahaan,dan temuan ini merupakan kerugian besar bagi PTPN III yang nota bene adalah perusahaan plat merah, padahal anggaran yang di gelontorkan oleh Kantor Pusat PTPN III untuk tanaman dan produksi sangat besar namun hasil yang didapat tidak sesuai target perusahaan.

Agar Kejadian-kejadian ini tidak terulang lagi,sebaik nya jajaran Direksi dan SEVP ops PTPN III segera melakukan penyegaran dan rotasi pejabat terkait, agar kerugian yang ditimbulkan tidak semakin besar.

Demi Keseimbangan berita awak media coba melakukan komfirmasi dengan SEVP ops-2 PTPN III Sudarma Bakti Lessan terkait penelantaran dan membusuk nya hasil panen brondolan di areal kantor afdeling 3 Kebun Silau Dunia Selasa, (27/06/2023)terkesan alergi dengan wartawan terbukti dengan tidak pernah mau membalas Komfirmasi yang dilayangkan oleh awak media,begitu juga dengan manajer Kebun Unit Silau Dunia Kasiaman Saragih yang dimintai tanggapan nya Senin,(26/06/2023) sekira pukul 16.00 Wib melalui pesan Aplikasi WhatsApp,namun hingga berita ini dipublikasikan org nomor satu di Kebun Silau Dunia tersebut enggan memberikan jawaban.
Red/ RG

Author: 

No Responses

Leave a Reply