Dinilai Tak Mampu Tertibkan Bongkar Muat Illegal di KEK Seimangkei Ericktohir Diminta Copot Dirut PT Kirna

 News

Dinilai Tak Mampu Tertibkan Bongkar Muat Ilegal Di KEK Sei Mangkei,Erick Thohir Diminta Copot Dirut PT. Kinra.

 

HunterNews.Today.Com
Simalungun-SUMUT
6/6/2023

Aktivitas Pekerja bongkar muat yang beroperasi di dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei beberapa bulan terakhir kembali menjadi perbincangan masyarakat Kabupaten Simalungun.

Pasal nya di kawasan industri yang merupakan Objek Vital Nasional seharusnya segala aktivitas, kegiatan aman dan seteril dari hal hal yang berbauh negatip.

PT. Kinra yang ditunjuk oleh kementerian Badan Usaha Milik Negara(BUMN) Sebagai penanggung jawab Kawasan Ekonomi Khusus (KEK Sei Mangkei) seharusnya konsisten dalam menerapkan aturan sesuai dengan SOP. Perusahaan,khusus nya dalam menjalin kemitraan dengan para serikat pekerja bongkar muat,sehingga tidak memicu terjadi nya pertikaian.

Saat ini terjadi kemelut dan pergesekan antar serikat pekerja bongkar muat di KEK Sei.Mangkei,namun info yang digali oleh awak media dari berbagai sumber, justru Serikat Pekerja yang diduga ilegal yang direspon oleh pihak perusahaan.

Syaril SH,dari DPC-Serikat Pekerja Transportasi Indonesia (SPTI) Kabupaten Simalungun yang sah ketika diwawancarai oleh awak media,sabtu,(01/07/2023),dikota Pematang Siantar,menjelaskan.

Bang nama saya Syaril, Sekretaris DPC SPTI Kabupaten Simalungun masa bakti 2023-2028 ketua saya Irawadi.

Disini kami binggung bang, dengan Dinas Tenaga Kerja kabupaten Simalungun,Administrator dan perusahaan-perusahaan di KEK.Sei Mangkei,mereka tetap bersikukuh menjalin kerja sama dengan serikat pekerja bongkar muat yang legalitasnya tidak jelas sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku di negara ini.uca nya.

Terkait serikat pekerja bongkar muat mereka sudak kita cek, tidak memiliki surat dari Dirjen PHI Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia dan tidak tercatat di dinas Tenaga kerja Simalungun.tegas nya.

Beda dengan DPC-SPTI kami yang memiliki dokumen lengkap dari Kemenhumkam dari Dirjen PHI dan tercatat di dinas Tenaga kerja Simalungun,namun pihak perusahaan di KEK Sei Mangkei enggan menjalin kerja sama dengan (PUK-SPTI) kami dengan alasan yang gak masuk akal,bahkan kami sudah ke Dinasker Simalungun lalu ke administrator kawasan, PT Kinra sebagai Perusahaan yang bewenang di KEK Sei Mangkei dan anak anak perusahaan lain didalam ada ,PKS ,PKO,INL.dll untuk minta penjelasan,tapi mereka semua kerap buang badan,dan tuding tudingan,ujar nya kesal.

Ada apa ini?,kok bisa perusahaan di KEK Sei Mangkei yang merupakan kawasan ekonomi khusus, Objek Vital Nasional mau menjalin kerja sama dengan serikat pekerja bongkar muat yang tidak memiliki legal standing.

Kami menduga pasti ada permainan ini bang.info yang kami dapat,ada oknum oknum tertentu menerima setoran tiap bulan,maka nya mereka ngotot tetap membela serikat bongkar muat yang saat ini.ungkap nya.

Ketika awak media melakukan komfirmasi dengan Dirut PT. Kinra Edward Ginting sebagai Penanggug jawab KEK Sei mangkei, melalui pesan Aplikasi WhatsApp sabtu, 01/07/2023,Sekira pukul 16:10 WIB terkait bebas nya aktivitas pekerja bongkar muat ilegal beroperasi di KEK Sei mangkei yang diduga dibekingi oknum oknum tertentu,hinga berita ini dikirim kemeja redaksi belum juga mau memberikan klarifikasi nya.

Akibat sering nya terjadi pergesekan antar serikat pekerja bongkar muat dan banyak nya kasus-kasus pencurian aset perusahaan yang hingga saat ini belum juga terungkap di KEK industri Sei Mangkei,Sebaik nya Menteri BUMN Erick Thohir segera mengevaluasi Dirut PT. Kinra dan jajaran nya.Red/tim.

Author: 

No Responses

Leave a Reply