Peremajaan Kelapa Sawit PTPN. 3 KBN Silow Dunia Diduga Tidak Sesuai Kerangka Acuan Kerja

 News, PERKEBUNAN

Peremajaan Kelapa Sawit PTPN 3 KBN SLDUN Diduga Tidak Sesuai Kerangka Acuan Kerja.

 

Hunternews.Today com
Serdang Bedagai – SUMUT

PTP Nusantara III Kebun Silau Dunia (SLDUN) yang berada di Kecamatan Bintang Bayu Kabupaten Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara merupakan perusahaan plat merah milik Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) yang bergerak di bidang perkebunan tanaman kelapa sawit dan tanaman karet.

Saat ini PTPN III sedang gencar-gencarnya melaksanakan peremajaan tanaman ulang (TU) kelapa sawit dibeberapa Kebun unit, salah satu nya di areal HGU PTPN III Kebun Silau Dunia afdeling V seluas ratusan ha.

Adapun kegiatan Tanaman Ulang saat ini dikerjakan oleh vendor asal medan,diawal pekerjaan sudah terlihat tanda-tanda terjadi nya kecurangan.

Penelusuran tim awak media bersama LSM-PPLH Kamis,06/07/2023 yang terjun ke lokasi afdeling V Kebun SLDUN terlihat alat berat jenis Buldozer sedang melakukan pekerjaan ripinggan/membongkar tanah untuk memutus akar.

Setelah dicek kualitas pekerjaanya dinilai tidak sesuai dengan apa yang tertuang di KAK,diduga vendor sengaja melakukan hal ini demi meraup keuntungan yang cukup besar.

Seharus nya rippingan dikerjakan secara sistematis searah barisan pohon tanaman dengan 1x rotasi 4x tarikan setiap gawangan dengan kedalaman rippingan 60-65cm.

Fakta dilapangan banyak ditemukan areal blok yang sedang diriping tidak sesuai dengan yang diharapkan,bahkan dibeberapa titik terlihat kedalaman ripinggan hanya sekitar 25-35 cm,dan ini jelas-jelas merupakan penyimpangan yang sangat serius.

Seharus nya vendor dalam melaksanakan pekerjaan mengacu kepada Kerangka Acuan Kerja (KAK), yang kedua Operator dan alat berat yang digunakan harus dilengkapi Dokumen seperti Surat Ijin Operator (SIO) dan Surat Ijin Layak Operasional (SILO)dari Dinas Tenaga Kerja provinsi Sumatera Utara.

Dilokasi kita pantau,lemah nya fungsi pengawasan dari Kebun unit SLDUN maupun DSER-1 diduga ada unsur kesengajaan,sehingga vendor semakin leluasa dalam melakukan berbagai kecurangan,padahal pengawasan itu wajib untuk mencegah terjadinya pelanggaran dan penyimpangan.

Demi menjaga independensi dan keseimbangan berita,awak media coba melakukan komfirmasi dengan Manajer PTPN III Kebun Silau Dunia Kasiaman Saragih,Minggu,(09/07/2023).melalui pesan aplikasi whatsapp sekira pukul 9:40 WIB terkait pekerjaan ripinggan diareal TU afd V Kebun SLDUN yang diduga menyimpang dari KAK.

Akan tetapi jawaban klarifikasi yang ditunggu- tunggu tidak kunjung datang,hingga berita ini dilayangkan ke meja redaksi Kasiaman saragih bungkam seribu bahasa.Red/tim.

Author: 

No Responses

Leave a Reply