Komisi III DPR Pusat Hinca Panjaitan Memaparkan Restorasi Justice di Polsek Tanah Jawa

 News

Komisi III DPR Pusat Hinca Panjaitan Memaparkan Restorasi Justice di Polsek Tanah Jawa.

Tanah Jawa, Hunternews Today Com.

Pada tgl 30/7 2023 di kec. Tanah Jawa kab. Simalungun Propinsi Sumut dilaksanakan Pemaparan Restorasi Justice.

Restorasi jastice adalah upaya penyelesaian Konflik hukum dengan menggelar mediasi antara sikorban dengan siterdakwa dan kadang” juga melibatkan perwakilan masyarakat juga secara umum.

Persyaratan dalam Restorasi Justice sesuai dengan praturan Kejagung ialah hukuman Ancaman dibawah 5 thn dan kerugian 2,5 jt. dan apa saja yang bisa diselesaikan okeh restorasi justice. ialah seperti.
Tindak pusana Lalulintas
Tindak pidana anak
Tindak pidana informasi dan elektronik
Tindak pidana Prempuan yang dihadapkan ke hukum.

Restoratip Justice dituangkan dalam praturan Psl 1 angka 3 praturan Polisi no 8 thn 2021 tentang penanganan tindak pidana berdasarkan keadilan restoratip dan oraturan kejaksaan repoblik no 15 thn 2020.

hal ini diutarakan oleh Bpk Hinca Panjaitan selaku DPR pusat komidi 3 yang membidangi masalah hukum. beliau meenyampaikan ini.. supaya masyarakat tau bahwa bila hal ini terjadi pada dirinya sudah dapat mengingat pk Hinca tentang Restiratip. dengan demikian juga dia menekankan pada APH tidak menyidangkan masalah tindak pidana ringan ini. agar Lapas tidak penuh yg membuat kos anggaran bengkak.

Hinca juga mengatakan.. yang tidak bisa diselesaikan restoratip justice adalah masalah narkoba dan pembunuhan. Serta korupsi Hinca juga menegaskan ke Dapilnya ini. agar para pangulu berperan aktip dalam memediasi setiap masalah yang terjadi di nagori masing”.dan begutu juga ke para polsek polsek agar bisa melaksanakan Restorasi Justice..

Acara ini. dihadiri oleh asisten 1 pemkap, Danramil Simalungun dari PTPN direksi yaitu Pk umar dan para pangulu” dan masyarakat serta para pers.

Direksi PTPN. Umar juga berharap untuk berkolaborasi dgn masyarakat, para APH tetap solit . nenjaga keamanan Untuk meningkatkan produksi kebon tersebut .. editor. DP.

Author: 

No Responses

Leave a Reply