Diduga Izin Penebangan Kayu Merusak Perekonomian Dan Meresahkan Masyarakat

 News, SUMUT

DUDUGA…., IZIN PENEBANGAN KAYU MERUSAK PEREKONOMIAN DAN MERESAHKAN MASYARAKAT

SIMALUNGUN, Hunternews today .com

IWARAS Peduli dan Bicara:

IWARAS ( Ikatan Wartawan Asal Simalungun ) merupakan kesatuan wartawan yang terdiri dari berbagai media , baik media cetak ,media online ( daring ) maupun media TV yang memiliki tanggung jawab sosial control ,mendidik , serta peduli Simalungun.

Adanya Laporan warga tentang rusaknya akses Jalan utama dari Kecamatan Dolok Silau , Saran Padang dan juga menuju pekan Saribudolok
berdampak pada ekonomi masyarakat .

Timbulnya dampak terhadap ekonomi warga di perkuat dengan adanya kegiatan pengguna jalur transportasi darat berupa Truck pengangkut glondongan kayu .

Warga Nagori Mariah dolok plus warga kecamatan dolok silau kabupaten simalungun
Merasa keberatan atas dugaan kebijakan kehutan yang memberikan izin penebangan kayu hutan yang ber lokasi di Nagori Dolok Mariah tepatnya di daerah Perbatasan Nagori Mariah Dolok kecamatan Dolok Silau, Kabupaten Simalungun.

Warga Mariah dolok ( Sgh ) Jumat ( 22/03/2024) sampaikan keluhan kepada Tim IWARAS , ” Kami anggap kebijakan pemberian izin Penebangan Kayu alam tersebut terburu buru terkesan tanpa mempertimbangkan dampak lingkungan yang dapat menghambat perekonomian warga .
Kami tak salahkan pekerja tersebut namun kenapa izin diberikan tanpa melihat dampaknya ujar warga tersebut.

kami masyarakat menanggung biaya pengangkutan hasil bumi sehingga mengurangi harga jual hasil komoditi pertanian kami.

Selain itu lanjutnya jalan tersebut adalah satu satunya jalan penghubung 4(empat) desa menuju ibu kota kecamatan Saran Padang dan menuju ibu kota Pamatang Raya kabupaten Simalungun

Kami bukan mencampuri tentang perundang undangan tentang izin penebangan kayu alam, tapi keberatan kami dalam hal ini adalah dampak terhadap percepatan rusak nya jalan kami.

Semoga Dumas ( Pengaduan Masyarakat ) tentang keberatan yang berdampak pada perekonomian kami warga ,yang ditujukan
kepada Dinas terkait di Provinsi boleh segera di tanggapi .

Jika Dumas dimaksud tidak diindahkan maka kami akan mengirim dumas kembali ke Dinas terkait yang ada di Ibu kota Negara ujarnya sembari menyampaikan akan mengurus ijin orasi dan mengadakan aksi protes ke Dinas Kehutanan Propinsi Sumut”,pungkasnya.

Di tempat berbeda, ( SP ) kembali menyampaikan kepada Tim IWARAS bahwa dampak tambahan Kerusakan jalan utama kami ini diduga truck dimaksud telah melebihi tonase jalan & jelas meresahkan .
Jalan tersebut adalah jalan yang wajib dilalui antar jemput anak sekolah, dengan jarak yang ditempuh mencapai 4000 meter dari Dusun Saran Ganjang ke SD N Mariah Dolok, karena jalannya rusak parah betul betul sangat meresahkan masyarakat.

Ada empat Desa yang sangat berdampak dan mengeluh karena parahnya kerusakan jalan .
1. Nagori Mariah dolok
2. Nagori silau marawan
3. Nagori Hutasaing
4. Nagori Bosisinombah
( Kecamatan dolok silau ) .

Melalui IWARAS kami mengharap dukungan demi percepatan pencarian solusi terkait jalan rusak dampak adanya kegiatan pengangkutan kayu tersebut sehingga merusak perekonomian warga serta menghambat kebutuhan warga dalam keseharian lalui lintasi jalan” sebutnya polos . *tim

 

Author: 

No Responses

Leave a Reply