Camat Haranggaol Horisan Bungkam Dan Rekayasa Banjir Bandang Di Binanga Bolon

 News

Camat Haranggaol horison bungkam dan rekayasa banjir bandang di Binaga bolon.

Simalungun. Hunternews today com

Bencana banjir bandang yang terjadi pada tgl (20/12/2023) yang lalu di Binanga Bolon Nagori Purba Pasir kec.Haranggaol
horisan kab. Simalungun menyisakan duka mendalam bagi warga binanga bolon beritanya tersiar melalui media elektronik dan media cetak Banjir Bandang yang menghentak perhatian seluruh warga Simalungun. Bagaimana tidak,bencana tersebut telah memporak porandakan tulang belulang 23 kuburan dengan tanpa perhitungan si banjirbandang yang penuh misteri itu sehingga tulang belulang nya tertimbun tanah longsor dan ditelan danau Toba.

Bukan hanya itu saja perladangan yang juga longsor serta dua unit Rumah warga , jembatan penghubung antar Dusun yang terseret banjir bandang yang penuh misteri itu.

Menurut informasi dari warga Binanga bolon ,sabtu (20/04/2023) bahwa semalam pada hari jumat ada pertemuan tertutup camat Haranggaol horison dengan
Jamson damanik di seputar nagori bandar raya.

Bahwa menurut keterangan warga binanga bolon tersebut yang enggan di sebut namanya mengatakan , “informasinya awal bulan mei 2024 kerugian yang belum di bayar akan di lunasi. Dengan catatan bahwa banjir bandang tersebut di setujui warga banjirbandang murni. Bukan karena kelalaian Jamson Damanik yang membangun bendungan raksasa” pungkas warga mengatakan.

Padahal sebelum nya keterangan penduduk setempat saat kejadian itu tidak ada curah hujan, angin puting beliung dan gempa. Hari cukup cerah tanpa mendung ucap nya. Padahal Baru ini terjadi di bumi ini di daerah pegunungan ada banjirbandang tanpa hujan,aneh lang bang” ucapnya lagi

Seharus nya pihak Pemkab simalungun oleh dinas terkait menyelidiki apa yang terjadi kok bisa banjir bandang tanpa sebab atau hujan deras. Tapi nyatanya mereka
Semua bungkem dan seakan tak penting sebab musabap banjir bandang tersebut.

4 bulan sudah berlalu tetapi sampai hari ini masih menuai misteri.

Berdasarkan pengamatan Aliansi wartawan asal simalungun ( AWAS ) atas pendapat beberapa sumber dari penduduk setempat yang menyatakan, menyaksikan bahwa penyebab banjir bandang yang terjadi di dusun Binangabolon itu,sangat bertolak belakang dengan penelitian Dinas terkait ( BNPB, ) simalungun. Penduduk setempat melihat adanya bangunan bendungan ( tanggul ) di sungai Binanga bolon yang di bangun oleh Jamson damanik atau pemilik UD.Damanik warga kecamatan purba, bahwa sebelum jebol nya bangunan tanggul tersebut warga purba tongah sebanyak 54 KK sudah pernah keberatan atas bangunan bendungan Jamson Damanik. Karena berdampak dari bendungan tersebut merendam perladangan 54 KK warga purbatongah yang kedalaman nya lebih kurang 8 m. Atau volume air bendungan sekitar ratusan juta kubik.

Saat dikonfirmasi camat haranggaol horison Bangun siregar SP sabtu (30/04/2024) terkait bencana bandang di Binanga bolon memilih bungkam dan tidak memberi komentar sehingga berita naik di meja redaksi.

laporan anton garingging

Author: 

No Responses

Leave a Reply