Gawat, Proyek DD Tahun 2023 SiHubu kec. Raya Diduga Mangkrak

 Daerah, News, PERTANIAN, SUMUT

Gawat, Proyek DD tahun 2023 Sihubu kec Raya diduga mangkrak

Simalungun Hunternews today com Sumut

Ada apa ini dengan proyek dana desa tahun 2023 pembangunan air bersih kerumah warga untuk tiga dusun seperti di dusun Sihubu,dusun Buttu Bartong dan dusun Pondang di nagori Sihubu kecamatan Raya kabupaten Simalungun Sumut.

Diduga (mangkrak ) sementara Uang sudah ada dan cukup untuk pengerjaan itu. Pengerjaan itu di mulai sejak 9 des 2023 setelah ada hasil Musyawarah desa (musdes) antara kades perangkat pekerja dan warga .

” Dalam hasil keputusan rapat bahwa pengerjaan proyek di kerjakan oleh warga dengan upah Rp
87.000.000 dari jumlah pagu anggaran pengerjaan sebesar Rp 310.000.000 (Tiga ratus sepuluh juta rupiah ).namun pengerjaan di bayarkan hanya Rp 80 juta, Rp 7 juta untuk Operasional panitia” ujar Walmen damanik saat dimintai keterangan.

Begitu juga hingga saat ini pengerjaan belum selesai (mangkrak ) sepanjang lebih kurang 300 M.

Ditambahkan St Walmen damanik dan warga bahwa saat ini pangulu ada di Bandung untuk studi banding bimtek
sementara proyek air bersih kerumah warga berhenti apa harus setelah bimtek dari bandung untuk menyelesaikannya ? ” sebut Walmen.

Dijelaskan Walmen damanik (45) lagi bahwa pengerjaan Pipanisasi air bersih dari Tinggi Saribu ke Sihubu sepanjang lebih kurang 3 Km dan belum dikerjakan (mangkrak) lebih kurang 300 M.

Berhenti (mangkrak ) sejak pertengahan Maret 2024 hingga Sekarang .Dalam pengerjaan juga para pekerja banyak mengalami keluhan serta jumlah pekerja lebih kurang 20 orang/hari. Melalui media ini Walmen dan warga berharap supaya segera diselesaikan dan bila ada permasalahan adminnistrasi dan laporan pengerjaan salah dan lambat agar pangulu di dipanggil dan diperiksa oleh instansi terkait inspektorat Polisi/Jaksa melalui pemberitaan ini nantinya bisa dasar pemanggilan dan pemeriksaan pangulu. .

Ketika hal ini ditanyakan pada pangulu lewat aplikasi whatshaap Pangulu Sibuhu Aprianto sipayung tidak menjawab dan memilih bungkam sehingga awak media mencoba konfirmasi Sekdes Nuel sembiring dan menjawab bahwa memang pengerjaan belum selesai dan akan di selesaikan secepatnya.Sebut Sekdes menimpali.

” Terkait belum selesai karena daerah pemasangan pipa ada yang longsor dan curam” kata Sekdes.

Jum’at, Walmen damanik melalui Hand phone menambahkan bahwa dalam pengerjaan juga penanaman pipa kurang dalam, serta pipa untuk kerumah warga sudah ada serta penyedia material S.Saragih mantan Pangulu Walmen juga juga mengirimkan Fhoto-fhoto pengerjaan proyek itu.

 

Kita tunggu saja pulang dari Bandung apa harus setelah bimtek dari Bandung untuk menyelesaikan proyek ini dan apakah dengan panduan ilmu Simalungun tak Mampu mari kita tunggu Kesudahan dan penyelesaiannya apakah nanti sampai ke APH baru selesai.

 

Laporan anton garingging

Author: 

No Responses

Leave a Reply