peringati Hari Pengayoman ke -79 Lapas kelas II A Pematangsiantar Laksanakan Ziarah Dan Tabur Bunga Makam Pahlawan

 News, SUMUT

Peringati hari Pengayoman Ke-79, Lapas Kelas IIA Pematangsiantar Laksanakan Ziarah dan Tabur Bunga Makam Pahlawan.

Hunternews today com
Pematang Siantar – Dalam rangka memperingati Hari Pengayoman Ke-79 sekaligus Hari Dirgahayu Republik Indonesia, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pematangsiantar bersama Lapas Narkotika Kelas IIA Pematangsiantar dan Kantor Imigrasi Pematangsiantar menggelar Upacara Ziarah dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Kota Pematangsiantar, Jum’at (09/08/2024).

Kegiatan ini merupakan wujud penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Upacara Ziarah Tabur Bunga ini dipimpin oleh Inspektur Upacara, Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Pematangsiantar dan diikuti oleh seluruh peserta Ziarah.

Upacara diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan, mengheningkan cipta, pembacaan doa, peletakan karangan bunga pada tugu monumen, hingga diakhiri dengan tabur bunga oleh seluruh peserta kegiatan.

“Ziarah Makam Pahlawan ini bukanlah sebatas acara seremonial belaka, tetapi menjadi momentum untuk mengenang jasa para pahlawan serta meneladani semangat juang mereka,” ujar Kalapas Pematangsiantar.

Lebih lanjut, Kalapas menyampaikan bahwa semangat pahlawan harus terus dikobarkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Beliau berharap momentum Hari Pengayoman ini dapat semakin memperkuat komitmen Kementerian Hukum dan HAM terkhusus di Lapas Pematangsiantar dalam membangun bangsa dan negara, serta mengisi kemerdekaan dengan karya dan prestasi. Kegiatan Ziarah dan Tabur Bunga ini juga diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air, jiwa patriotisme, dan nasionalisme di kalangan pegawai Lapas dan masyarakat umum.
01

Author: 

No Responses

Leave a Reply