Apresiasi DR. JR Saragih Pada Pesta Olop-Olop Greja GKPS

 Daerah, News, SOSIAL BUDAYA

Apresiasi DR. JR. Saragih SH. MH Pada Pesta Olop- Olop Greja GKPS.

Pematang Raya, Hunternews today com. pada tgl 8/9/2024 Minggu diadakan pesta besar greja simalungun/GKPS resort Sondi Raya di Gunung Huluan.

Suku Simalungun merasa gembira dan bersukur pada missionaris terdahulu yaitu Agustein telah bersusah payah untuk merobah sipala begu menjadi beragama,dari menyembah berhala menhadi mentembah Tuhan sehingga sebagai penganut kekristenan pertama di Simalungun adalah seperti Jason saragih., J. Wilmar Saragih dan marga purba yang mencerahkan kekristenan di tanoh habonaron dobona. sehingga dengan adanya agama di simalungun. sedikit demi sedikit kemajuan sudah mulai nampak.

Seperti acara pesta ibadah olop” tersebut dibuat dengan “THEMA’ Hasadaon pakon pangidangion na marbuah(Kolose 1:10) yang artinya kesatuan dan kedamayan yang disukai oleh Tuhan. dan Sub Thema pataridahkon hitama hasirsirontha pasauthkon hadoharon pakon hadameion itongah” masyarakat pakon negara on maronjolhon bani hapitoran pakon hasintongan. (Jeremi 29 ayat 7_33,6 Roms 13,3 Titus 3,1)yang artinya tunjukanlh ke kompakan untuk mengerjakan yang baik di tengah” masyarakat dan pada negara ini untuk menjunjung nilai” yang bener..

Begitu juga rangkayan acara demi acara disumbangjan seperti kor dari bapak” dan tari keeasi anak remaja untuk menyambut para pendeta, dan pengurus” greja. saat mau dimulainya acara kebaktian tersebut.

Panitia Olop” tersebut mengundang dari pemerintah atau bupati Simalungun dan bapak JR Saragih. . sembari demikian kata sambutan dari pemkap yang diwakilkan oleh PLT Kadis perindak Jusiaman Sinaga. atas minta maf bupati karna kesibukanya sehingga dia mewakiilkan dan Bupati turut menyumbangsih pesta olop” ini tpi tidak menyebut angka dan dia akan mentrasfer ke rekening panitia saja dan tidak disebut kapan di transper???

Terlepas darisitu undangan dri JR Saragih yang diutus yaitu Mantan ketua DPRD simalungun DRS Johalim Purba berkata ada 3 yang mau saya sampaikan pada kita saat ini. ;
1 Bpk JR Saragih sebenarnya bersama kita saat ini ternyata karna posisinya di Jakarta. tidak terkejar dia lewat pesawatnya sehingga saya diutusnya secara mendadak pada jam 5 subuh saya ditelponya dan diutus untuk hadir pada pesta ini. karna saya merasakan ambilan namadear sudah merasakan akupun neringankan langkah kemari.
2.pak Johalim berkata tentang saat ini agar menekankan berbahasa simalungun tetap dilestarikan baik itu di rumahsekalipun. adanya GK.PS di tarutung tpi setelah pulang berbahasa Di luar Simalungun ada di samosir GKPS setelah pulang tetap bahasa toba. hal ini supaya diperbaiki. sejak selama 121 thn ambilan namadear atau kristen masuk ke simalungun bagainana keadan sevelum dan sesudahnya setelah nasuk GKPS 4 diperkirakan 40% aja orang Simalungun selainya pendatang dan marilah kita merawat bahasa kita dan budaya kita jangan biarkan suku lain merobah budaya dan bahasa kita itu. saya nenganjurkan supaya dipemkap agar berbahasa simalungun dan harus tau. dan apabila ada yang berkata tidak tau kasitau sama saya ujarnya sewaktu beliau ketua DPRD.. hadi 9thn yg lalu Raya ini sudah sempaat jadi kota tapi sekarang sudah kembali sepi seperti tidak berpenghuni.
3 jadi Sumbangsih JR. Saragih memberikan utk pesta ini tidak lewat rekening namun akan diberian lewat adek saya Mey priadin purba dan kajak saya Sutini br Saragih. untuk itu Narga Saragih pengen kembalj jadi Penguasa di simalungun ini kembali atau jadi Bupati. bukan kampanye namun hanya menyuarakan. kangsung disambut gembira para peserta . demikian kata sambutan pak Johalim (*)

Editor : Daniel Purba SP. MM

Author: 

No Responses

Leave a Reply