Rawan Pohon Tumbang, Pengendara di Himbau Tetap Waspada di Jalinsum Sibaganding

 KEHUTANAN, News

Rawan Pohon Tumbang, Pengendara Dihimbau Tetap Waspada Di Jalinsum Sibaganding

Hunter News Today.com.Simalungun(Sumut) 02/01/2022 Siapa yang harus bertanggung jawab atas banyaknya deretan pohon yang sudah menua, pohon kering tak berdahan, pohon-pohon yang mulai agak miring menghadap kejalan, dan pohon besar sepanjang jalan lintas Parapat-Sibaganding-Harangan Ganjang sampai ke Pondok Bulu. Pasalnya, setiap ada cuaca ekstreem dan hujan, pepohonan itu ada saja yang tumbang hingga merugikan para pengendara di Jalinsum Parapat.

Masih segar dalam ingatan, bulan lalu pohon tumbang tak berdahan juga tumbang sendiri dan menimpa wisatawan yang kebetulan rehat sambil makan siang, dikawasan Sualan Sibaganding Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun.

Kemarin juga demikian, pohon tumbang terjadi saat arus balik mulai ramai dan padat.

Beruntung tak ada korban jiwa, namun akibat kejadian itu, deretan kenderaan terpaksa antre berjam-jam dari arah Siantar dan Toba, sepanjang 5Km.

Pohon tumbang itu berhasil diatasi oleh Pangulu Nagori Sibaganding Martono Wandi Bakkara yang menyiapkan 2 Cingsaw dibantu warga setempat, dan lalin dikondisikan oleh tim Polres Simalungun yang kebetulan bertugas jaga PAM di Wilkum Mapolsek Parapat.

Entah sampai kapan kejadian pohon tumbang secara tiba-tiba ini bisa segera diatasi oleh instansi terkait, sebab berbagai usulan susah disampaikan kepada Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup termasuk kepada yang menangani bencana alam, tapi seperti biasalah, “Harus Menunggu Ada Korban Jiwa” baru laporan itu direspek, disitulah anehnya, bahkan kejadian-kejadian pohon tumbang sepanjang tahun 2021 dikawasan Jalinsum Sibaganding itu belum cukup sebagai pembanding untuk melakukan pengkajian penebangan pohon berbahaya itu, disepanjang Jalan berbukit Lintas Sibaganding-Parapat.

“Mudah-Mudahan Bukan Mobil Dishutnya yang ketimpa pohon disana” ,Ketus Andi(45) pengendara yang kecewa karena macet, sambil menunggu evakuasi kayu pohon tumbang itu.

Untuk itu, dalam menghadapi arus balik ini, bagi pengendara yang memilih lintas Jalinsum Sibagansing-Siantar, dihimbau agar tetap waspada, dan kepada instansi terkait yang mampu mengambil keputusan terhadap pohon-pohon berbahaya itu, buka mata dan hati dan lihatlah situasinya, jangan hanya menerima laporan Asal Bapak Senang semata sambil menunggu gaji ke13.(Heri Guci).

Author: 

No Responses

Leave a Reply